Susunan Proposal yang Baik dan Benar

Susunan Proposal yang Baik dan Benar

Untuk sebagian besar profesional kerja, proposal menjadi elemen penting yang berisi rencana kerja baik itu jangka panjang maupun jangka pendek. Sejumlah perusahaan dan organisasi tertentu bahkan rela membayar seorang ahli pembuat proposal. Tujuannya tidak lain adalah agar perusahaan bisa ikut menyampaikan kelebihan dan ide-ide kreatif mereka secara efektif dan profesional kepada calon partner kerja.

Proposal umumnya diajukan untuk memberikan penawaran terhadap rencana kerja atau proyek tertentu. Dalam prakteknya penyerahan proposal dalam sebuah proyek seperti kompetisi beberapa perusahaan untuk mendapatkan minat dari pemiliki proyek. Karena itu peran seorang penulis proposal sangatlah penting. Proposal haruslah dibuat menarik, jelas, informatif dan mudah untuk dipahami.

Tujuan Pembuatan Proposal

Tujuan Pembuatan Proposal

Dalam bahasa Inggris proposal berarti mengajukan (to purpose). Proposal dibuat dengan tujuan memberikan penawaran atau bentuk pemikiran sebuah rencana yang sistematis, matang, serta diperhitungkan dari segala aspek yang diperlukan untuk memperoleh kesempatan, kepercayaan, dana, izin kerja dari pihak yang dimaksud.

Dalam proposal penyusunan bahasa pengantar sangatlah penting diperhatikan detail ejaan dan komposisi kalimat pengantar. Setiap penjelasan dalam propsal harus mampu menyampaikan dengan efektif rencana atau strategi pihak pertama kepada pihak kedua yang terkait. Hasil akhir yang diharapkan dari pembuatan proposal adalah untuk memperoleh kepercayaan mengelola atau mendapatkan sejumlah bagian dalam proyek atau dana dengan nominal tertentu.

Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

Begitu pentingnya pemahaman terhadap proposal. Membuat sejumlah nama besar memberikan pengertian mereka mengenai proposal. Berikut ini adalah beberapa kutipan pengertian proposal menurut para Ahli

  • Hasanun Anwar (1004 :73) Menurutnya proposal adalah rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.
  • Proposal Menurut KBBI (2002) Sementara mengambil pengertian proposal dari Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan secara sistematis, matang dan terperinci yang dibuat oleh panitia di perpustakaan (library research) maupun lapangan (field research).
  • Jay (2006 : 1) Proposal menurut versi Jay adalah alat bantu manajemen standar agar manajemen dapat berfungsi secara efisen.
  • Proposal Dari Sudut Pandang Dunia Ilmiah menjelaskan bahwa propsal adalah rancangan dari suatu usulan sebuah penelitian yang kemudian akan dilaksanakan oleh peneliti terhadap bahan penelitiannya. Proposal juga dapat dikatakan sebagai saran yang ditujukan kepada seseorang, instansi, organisasi, atau suatu kelompok untuk menjalankan atau melaksanakan suatu pekerjaan.

Fungsi Dibuatnya Proposal

Fungsi Dibuatnya Proposal

Proposal sebenarnya memiliki banyak kegunaan diluar dari dunia profesional kerja. Di dalam sebuah seminar ataupun diskusi para pesertanya pun harus membuat proposal yang berisikan rencana kerja. Setiap peserta nantinya akan mempertanggungjawabkan setiap detail informasi yang tertuang di dalam proposal tersebut.

Jika dalam dunia profesional kerja proposal memang digunakan apabila sebuah perusahaan atau organisasi. Menginginkan menjalin kerjasama resmi seperti memperoleh perizinan menjadi penanggung jawab tender dari proyek tertentu. Proposal yang disetujui oleh lembaga atau perusahaan terkait berhak melaksanakan tender yang di lelang tersebut.

Saat akan mengajukan pinjaman dana pada bank, ada pinjaman tertentu yang membutuhkan proposal. Biasanya lantaran nominal dana yang diajukan terbilang besar, disamping itu pihak bank juga perlu melakukan verifikasi data. Dengan diberikan proposal pada bank sudah jelas memudahkan langkah-langkah untuk verifikasi data. Proposal juga membuktikan keseriusan dan kematangan nasabah terhadap alasan dari pengajuan kredit mereka kepada pihak bank.

Proposal juga kerap digunakan sebagai permohonan tertulis untuk melakukan penelitian yang terkait pada bidang-bidang tertentu. Setiap penelitian haruslah mengantongi izin dari lembaga yang menaungi bidang tersebut. Misalkan anda ingin melakukan penelitian terhadap busaya daerah Jawa Barat, maka proposal harus dikirim kepada dinas pariwisata daerah, organisasi yang mewadahi kebudayaan Jawa Barat. Begitu proposal disetujui, maka penelitian dapat dilaksanakan. Tidak hanya pada bidang budaya, bisa juga bidang lainnya seperti ekonomi, agama, sosial, pemerintahan pusat, sosial, hukum, dan banyak lagi.

Jenis-Jenis Proposal Secara Umum

Jenis-Jenis Proposal Secara Umum

Setelah melihat banyaknya fungsi dari penulisan proposal. Anda dapat memahami bahwa setiap proposal itu memiliki jenis dan gaya penulisan yang berbeda. Diantaranya ada beberapa jenis proposal yang saya yakin kerap anda temukan, berikut adalah contoh proposal yang bisa dipelajari.

  • Proposal Proyek,

Sesuai namanyan proposal proyek sering dibuat oleh para profesional kerja tanah air. Proposal ini berisi rencana bisnis atau penawaran yang menguntungka minimal dua belah pihak. Seperti penawaran mengerjakan proyek pembangunan jalan tol Surabaya-Yogyakarta, permohonan ijin untuk mendirikan perumahan pada wilayah tertentu.

  • Proposal Penelitian,

Proposal yang satu ini memang berhubungan erat dengan aktivitas akademis individu maupun kelompok. Tujuan dibuatnya proposal agar memperoleh perijinan dari lembaga atau institusi terkait perihal aktivitas penelitian. Dalam pembahasannya, proposal penelitian akan meminta ijin untuk dapat mengerjakan observasi, skripsi, membuat thesis, atau alasan-alasan lainnya.

  • Proposal Bisnis

Jangan dikira isi dari proposal bisnis sama dengan proposal proyek. Jika proposal proyek diajukan agar mendapatkan kesempatan mengelola keseluruhan atau sebagian proyek yang dilelang. Sementara proposal bisnis berisi penawaran kerjasama antara satu perusahaan dengan perusahaan lain. Tujuan dari kerjasama bisnis adalah melakukan ekspansi usaha dan bentuk dari inovasi bisnis perusahaan tertentu.

  • Proposal Kegiatan

Propsal berisi penjelasan dari rencana sebuat kegiatan atau acara yang akan diselenggarakan. Umumnya proposal kegiatan dibuatn dengan tujuan mencari dana serta memperoleh ijin mengadakan even kegiatan yang munkin menimbulkan suasanan yang gaduh tidak seperti biasanya. Seperti acara tahun baru-an, lomba tujuh belasan, acara keakraban pemuda, dan banyak lagi.

Tahap Pembuatan Proposal

Tahap Pembuatan Proposal

Seperti halnya bahasa pengantar yang memiliki kedudukan penting pada proposal. Ada beberapa hal yang tidak boleh terlewat dalam menyusun proposal. Berikut adalah hal-hal yang harus selalu disiapkan dalam pembuatan proposal.

Faktor penting dalam membuat proposal kegiatan,

  • Judul, pastikan untuk membuat judul proposal semenarik mungkin.
  • Pendahuluan, pada bagian ini penulis proposal wajib mencantumkan tujuan dan latar belakang pembuatan dengan bahasa baku yang mudah dimengerti.
  • Waktu dan tempat kegiatan, jangan anggap sepele penulisan waktu dan tanggal. Proposal harus menjelaskan kapan dan dimana acara tertentu akan diselenggarakan. Bisa dibayangkan saat acara terselenggara tetapi tidak ada yang mengetahui waktu dan tempatnya.
  • Susunan acara kegiatan, proposal wajib menjelaskan rundown acara dari awal hingga kegiatan berakhir
  • Estimasi Anggaran, seperti biasa dengan faktor yang satu ini pihak ke dua akan memahami berapa anggaran yang harus dikeluarkan agar acara tersebut dapat berjalan semestinya.
  • Penutup, pada akhir pengajuan proposal kegiatan harus dicantumkan rasa terima kasih terhadap pihak-pihak terkait.

Kesimpulan

Proposal menggunakan kekuatan kalimat pendeskripsian serta bahasa yang mempersuasif. Semuanya menjadi kesatuan elemen yang harmonis. Para ahli pembuata proposal, menyusun proposal yang membuat pembaca merasa seolah menerima presentasi langsung dan bukan sekedar tulisan di atas kertas.

Memenangkan tender atau memperoleh perijinan tertentu karena sebuah propsal. Membuktikan bahwa kekuatan dalam penyusunan kalimat mampu memuluskan kepentingan individu dan kelompok yang terkait. Perlu diingat bahwa ide dalam proposal harus dijabarkan dengan lugas dan harmonis. Semua itu bertujuan agar individu atau organisasi bisa mewujudkan apa yang menjadi tujuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *