Rumus Excel Mengambil Data dari Tabel

Rumus Excel Mengambil Data dari Tabel

Microsoft Excel memang berkaitan dengan tabel tabel dan penyimpanan data, maka dari itu ada berbagai rumus untuk mencari dan mengolah data yang terdapat di Excel. Salah satunya adalah rumus Excel mengambil data dari tabel yang dibuat. Maka dari itu dikatakan bahwa format tabel di Excel memang memiliki banyak kemudahan dan keuntungan bagi penggunanya untuk menemukan data dan mengolahnya. Ada beberapa keuntungan dari penggunaan format tabel Excel yaitu sebagai berikut :

  1. Mudah untuk menerapkan berbagai desain atau gaya tabel yang berbeda sesuai dengan yang anda inginkan.
  2. Anda bisa memberi nama tabel dengan mudah. sehingga lebih mudah untuk diingat dan dapat memudahkan saat digunakan untuk referensi rumus atau formula Excel lainnya. 
  3. Menggunakan format tabel Excel juga dapat memudahkan anda untuk menambahkan baris-baris data tanpa mengubah sedikit pun tabel referensinya. Kemudian bisa secara otomatis juga menyesuaikan desain dan rumus Excel yang sudah ada. 
  4. Dengan menggunakan format tabel Excel juga dapat menambahkan tombol filter dan subtotal secara otomatis. 

Data data yang penting semua harus diarsip dan dicatat dengan baik. Baik data kantor maupun data pribadi. Data pribadi yang hanya dikelola sendiri saja, siapapun perlu membuat arsip yang baik dan rapih. Tujuannya, supaya ketika mencari untuk keperluan melamar kerja, mendaftar sekolah atau kegiatan apapun yang berhubungan dengan data milik pribadi Anda dapat menggunakannya dengan mudah. Kemudian akan lebih mudah dicari jika datanya anda simpan secara rapih. 

Begitu pula dengan data keuangan, database karyawan dan lainnya, biasanya menggunakan Microsoft Excel untuk membantu menyalin dan menyimpan seluruh data kecil  termasuk keuangan menjadi lebih mudah. Data data tersebut biasanya menggunakan tabel untuk merapihkannya. Maka dari itu, untuk merapihkannya ada yang membuatnya dengan mengambil data dari tabel. Untuk mengambil data dari tabel di Excel, terdapat rumusnya untuk mempermudah. Berikut adalah caranya :

Rumus Excel Mengambil Data dari Tabel

Rumus Excel Mengambil Data dari Tabel

Jika ingin mengambil data dari sebuah tabel referensi berdasarkan nilai tertentu di Microsoft axel, bisa menggunakan fungsi VLOOKUP atau HLOOKUP. VLOOKUP berarti vertical lookup yang berarti mencari data secara vertical, HLOOKUP yang mencari data secara horizontal. Jika masih ada yang bingung, berikut adalah cara penulisan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP :

=VLOOKUP (lookup_value;tablearray;col_index_num;[range_lookup])
=HLOOKUP (lookup_value;table_array;row_index_num;[range_lookup])

Keterangan :

  • Lookup_value : nilai yang akan dicari di kolom pertama tabel atau rentang
  • Table_array : tabel referensi yang ingin dicari datanya yang kolom pertamanya digunakan sebagai acuan untuk nilai lookup_value
  • col/row_index_num : nomor kolom pada table_array yang ingin dicari datanya. 
  • Range_lookup : pilihan untuk menentukan nilai yang persis atau mendekati.

TRUE (1) untuk mencari nilai yang mendekati
FALSE (2) untuk mencari nilai yang sama persis
Jika range_lookup dikosongkan atau tidak di isi maka otomatis dianggap sebagai TRUE.

Nah, bagaimana. Sudah paham dengan rumus Excel di atas bukan? Anda bisa menggunakan rumus Excel mengambil data dari tabel di atas untuk memudahkan pengambilan data dari tabel referensi yang anda inginkan. Dengan begitu, desain dan gaya formal tabel anda tetap rapi dan data anda tetap sama seperti yang anda inginkan hasilnya. Gunakan rumus Excel mengambil data dari tabel di atas untuk memudahkan anda mengambil data dari format tabel. Dengan begitu, data yang anda olah dengan menggunaakn Microsoft Excel bisa diolah dengan mudah dan hasilnya tetap rapi sesuai yang anda inginkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *