Pengertian Pergaulan Bebas

pergaulan bebas

Ditinjau secara umum, pengertian pergaulan bebas adalah salah satu bentuk perilaku yang menyimpang dan sudah melewati batas dari kewajiban, kewajaran, aturan, tuntutan, syarat, atau rasa malu.

Pengertian Pergaulan Bebas Menurut KBBI

pengertian pergaulan bebas menurut kbbi
pengertian pergaulan bebas menurut kbbi

Menurut KBBI, pergaulan merupakan kehidupan dalam berteman atau dalam bermasyarakat. Sedangkan bebas memiliki arti tidak terhalang dan tidak terikat aturan. Jadi pergaulan bebas merupakan perilaku pertemanan atau golongan tertentu yang tidak terikat oleh segala macam norma di masyarakat.

Pengertian Pergaulan Bebas Menurut Para Ahli

pengertian pergaulan bebas menurut para ahli
pengertian pergaulan bebas menurut para ahli

Menurut Gunarsa, pengertian pergaulan bebas ialah pergaulan yang luas yang terjadi antara pemuda dan pemudi. Gunarsa tidak terlalu menekankan pengelompokan yang komak antara dua orang saja, akan tetapi antara banyak anak muda.

Menurut Kartono, pergaulan bebas merupakan gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh salah satu bentuk pengabaian sosial dan mengakibatkan pengembangan perilaku yang menyimpang.

Menurut Santrock, pengertian pergaulan bebas adalah sekumpulan dari perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal.

Menurut B.Simanjuntak, pergaulan bebas adalah sebuah proses interaksi antara seseorang dengan orang lain tanpa mengikatkan diri pada aturan-aturan yang ada.

Ciri Pergaulan Bebas yang Berakibat Fatal

Ciri Pergaulan Bebas yang Berakibat Fatal
Ciri Pergaulan Bebas yang Berakibat Fatal

Dari berapa definisi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pergaulan bebas merupakan suatu interaksi individu atau kelompok yang bertentangan dengan norma yang berlaku dalam masyarakat. Pergaulan bebas dalam kehidupan sehari-hari sering dikaitkan dengan perilaku yang merusak nilai moral dalam masyarakat.

Pasti ada beberapa sebab yang membuat para remaja berani melakukan pergaulan bebas. Misalnya saja mental yang tidak sehat, pelampiasan rasa kecewa, kegagalan remaja menyerap norma agama dan Pancasila. Adapun ciri-ciri pergaulan bebas yaitu sebagai berikut.

  • Terjerat pesta hura-hura
  • Mabuk-mabukan dan menggunakan obat-obat terlarang (narkoba)
  • Perilaku yang tidak baik
  • Menggunakan pakaian terbuka

Faktor Pergaulan Bebas

Faktor Pergaulan Bebas
Faktor Pergaulan Bebas

Faktor yang menyebabkan pergaulan bebas sebenarnya bersifat kompleks. Ada faktor internal maupun eksternal. Jika dirangkum, faktor yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  1. Taraf Pendidikan Keluarga yang Rendah
    Contohnya keluarga yang mengizinkan anak berpacaran tanpa ada pengawasan. Tidak adanya pengawasan ini menyebabkan anak terjerumus ke dalam pergaulan bebas.
  2. Kurang Perhatian
    Orang tua yang kurang memberikan perhatian pada pergaulan anak, biasanya adalah orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya. Hal ini menyebabkan anak tidak diperhatikan dengan maksimal.
  3. Memilih Teman yang Salah
    Dalam berteman Anda harus bisa memilah mana teman yang baik dan mana yang kurang baik. Anda jangan sampai kurang berhati-hati dalam berteman. Kejadian ini banyak contohnya, misalnya saja teman menuntun ke arah yang buruk dan diikuti dengan senang hati. Oleh karena itu, bertemanlah dengan orang yang baik.
  4. Keadaan Ekonomi
    Tingkat ekonomi yang dialami oleh sebagian orang, merupakan nafas dari setiap keluarga. Banyak anak yang ingin mengenyam bangku pendidikan, tetapi tak bisa karena keadaan ekonomi keluarganya. Akhirnya banyak yang terjerumus pada pergaulan bebas demi menyambung hidup. Contohnya saja, anak yang putus sekolah tidak bisa melanjutkan sekolahnya karena minim biaya.
  5. Internet Berkonten Negatif
    Di tengah era modern ini, internet hadir untuk memudahkan pekerjaan manusia. Akan tetapi, dalam penerapannya internet tidak hanya untuk keperluan pekerjaan saja. Saat ini siapapun dan dimanapun sudah dapat mengakses informasi dari belahan dunia manapun. Oleh karena itu, jika Anda tidak hati-hati dan tidak dapat memilah makan tentu akan terjerumus pada pergaulan bebas.

Dampak yang ditimbulkan dari pergaulan bebas dapat memberikan pengaruh yang besar bagi siapa pun. Misalnya obat-obatan terlarang, meningkatnya kriminalitas, menyebarkan penyakit, dan berdosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *