Pengertian Implikasi Munurut Para Ahli Beserta Contoh

Pengertian Implikasi Munurut Para Ahli Beserta Contoh

Kata implikasi ini sering sekali diucapkan oleh khalayak umum, namun mungkin sebagian besar dari mereka tidak mengetahui arti sebenarnya. Mungkin yang diketahui adalah sebatas kesimpulan dari kegiatan yang sudah terjadi dan mengaitkannya dengan bahasa “implikasi”.

Beberapa akan terasa pas, namun beberapa terkesan dipaksakan. Jadi, dalam artikel ini akan dibahas pengertian implikasi secara umum, pengertian implikasi menurut beberapa ahli serta hal-hal yang berkaitan dengan implikasi agar pembaca lebih mudah mendapatkan gambaran dari arti implikasi.

Pengertian Implikasi

Dalam paparan ini, implikasi dijabarkan secara umum sebagai akibat dari suatu tindakan atau perbuatan yang mengenai suatu hal baik secara fisik maupun mental. Sebenarnya, arti dari implikasi ini memiliki cakupan yang luas dan beragam tergantung pada disiplin ilmu yang berkaitan langsung.

Implikasi ini sering sekali muncul pada pembahasan tentang penelitian atau dalam matematika. Jika merujuk pada pengertian umum implikasi, khususnya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, implikasi adalah suasana terlibat, keterlibatan. Dengan imbuhan yang ditambahkan maka akan berarti membawa keterlibatan atau melibatkan dengan suatu hal.

Pengertian Implikasi Menurut Para Ahli

Pengertian Implikasi Menurut Para Ahli

Untuk memperjelas lebih dalam mengenai pengertian dari implikasi maka berikut ini ditambahkan beberapa pengertian menurut para ahli, sebagai berikut:

Menurut Islamy

Berdasarkan Islamy, implikasi adalah semua yang berkaitan dengan apa yang telah dihasilkan dai proses perumusan kebijaksanaan yang sudah diterapkan. Perlu diketahui bahwa setiap kebijakan yang diterapkan memiliki resiko atau konsekuensi-konsekuensi yang secara otomatis mengikuti.

Menurut Winarno

Kebijakan adalah pokok bahasan yang menjadi tolok ukur Winarno memberikan pengertian berkaitan dengan implikasi. Menurut Winarno, implikasi dapat dibagi menjadi lima dimensi yaitu dimensi masalah-masalah publik dan implikasinya terhadap kebijakan yang diterapkan.

Terutama pada individu bersangkutan; implikasi terhadap kelompok-kelompok di luar kebijakan yang diterapkan; implikasi terhadap apa yang terjadi sekarang dan mendatang; implikasi dalam hal evaluasi pembiayaan program kebijakan publik dan implikasi dari biaya-biaya tidak langsung yang dibebankan kepada masyarakat seluruhnya atau sebagian saja.

Menurut Silalahi

Silalahi menghubungkan pengertian implikasi dengan kebijakan dan penerapan suatu program yang dijalankan. Berkaitan dengan kedua hal di atas maka implikasi adalah akibat yang ditimbulkan dari apa yang sudah dijalankan dari suatu kebijakan atau program yang ada. Pengaruh implikasi ini dapat berupa penerimaan bersifat baik maupun buruk dari subjek yang dikenai.

Pengertian implikasi dari beberapa ahli tersebut dapat ditarik satu kesamaan bahwa implikasi sangat erat kaitannya dengan kebijakan dan penerapan program. Jika kebijakan dan program terlaksana maupun tidak terlaksana maka yang diterima adalah implikasi. Jadi, perlu dipikirkan baik-baik seperti apa kebijakan dan program yang dibuat agar implikasi yang dihasilkan baik bagi semua aspek yang terlibat dalam kebijakan maupun program tersebut.

Macam-Macam Implikasi

Macam-Macam Implikasi

Dalam praktiknya, implikasi dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut.

1. Implikasi Teoritis

Sangat berhubungan dengan penelitian, implikasi teoritis akan meyakinkan penguji pada ilmu maupun pengetahuan yang berguna memecahkan masalah dari penelitian tersebut. Dimana implikasi yang ada akan mempengaruhi keberadaan teori-teori lain yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan, terutama yang berupa teoritis.

2. Implikasi Manajerial

Implikasi ini sangat erat berhubungan dengan hasil akhir suatu penelitian yang telah mengalami proses tahapan mulai dari metodologi penelitian, kajian pustaka hingga analisis data. Semua hal tersebut diambil keputusan.

Keputusan itu merujuk pada hasil penelitian dengan proses pengambilan keputusan secara keseluruhan dan partisipatif. Dalam implikasi manajerial ini, juga dapat memberikan sumbangsih bagi ilmu manajemen dengan adanya implikasi prosedural dan implikasi substantif.

3. Implikasi Kepemimpinan

Untuk implikasi kepemimpinan, semua adalah mengenai bagaimana seseorang tersebut di posisi sebagai pemimpin. Pemimpin yang semestinya adalah yang dapat memberikan contoh baik berhadapan bawahannya, memiliki tujuan dan visi yang jelas serta berkualitas agar perusahaan yang dipimpin maju.

Nah, dari pemimpin yang baik serta memiliki tujuan jelas dan terukur akan memiliki implikasi baik pula terhadap perusahaan maupun anggotanya. Sehingga apa yang di cita-citakan perusahaan tersebut dapat tercapai dengan mudah dan anggota yang ada didalamnya sejahtera di kehidupan sehari-hari.

4. Implikasi Etika

Etika sangat erat berhubungan dengan kebiasaan dan apa yang telah diajarkan oleh sekolah pertama kehidupan yaitu rumah dan orang tua. Etika seseorang akan membawa orang tersebut pada masa depan yang bersesuaian dengan etika yang dihasilkannya.

Orang lain pun juga akan menghargainya sesuai etika yang ditampakkan ketika berhubungan erat dengan sesama dalam bergaul. Dari paparan di atas, maka etika adalah penting untuk kehidupan seseorang karena dengan beretika maka implikasi dari etika tersebut sangatlah berdampak banyak, khususnya penghormatan dari orang lain dan kebanggaan diri sendiri.

5. Implikasi Budaya

Budaya ini sangat kuas dan dapat terpengaruh dengan budaya lain. Bahkan suatu budaya akan terhapus secara otomatis bila tidak ada saringan kuat akan budaya lain yang masuk. Menerima dan mempelajari budaya lain adalah baik dan positif namun harus paham terlebih dahulu budaya sendiri. Implikasi dari budaya ini sangat kuat pengaruhnya jika negara dan warganegara masa bodoh dan cenderung malah sebagai pengguna terlebih dengan sikap konsumtif.

6. Implikasi Globalisasi

Implikasi yang terakhir ini sangat besar cakupannya , bukan hanya dalam bahasa, budaya maupun teknologi namun semua aspek kehidupan vital maupun non vital suatu bangsa. Semua berpengaruh akan perubahan maupun masuknya globalisasi.

Jika salah sedikit saja maka efek yang ditimbulkan adalah lebih besar dari yang biasanya dibayangkan. Dengan era kemajuan saat ini, globalisasi sangat positif bagi sebuah negara yaitu menjadi maju dan lebih berkembang dalam hal terbaru.

Namun, layaknya hal positif maka hal negatif juga akan muncul dati globalisasi ini yaitu akan tergesernya perlahan hal-hal tradisional lain yang biasa ada dalam suatu masyarakat.

Contoh Implikasi

Untuk mempermudah pemahaman mengenai pengertian implikasi maka Anda perlu memperhatikan dengan saksama dan memahami contoh berikut:

‘Saat ini, pemerintah sudah menaikkan biaya pembayaran iuran BPJS umum sebanyak 100% dari besaran rupiah awal dengan berbagai alasan yang berkaitan pada proses peningkatan kualitas dari pengobatan yang diterima masyarakat.”

Dari penggalan kebijakan di atas, sudah pasti akan terjadi implikasi baik bersifat baik dan membangun maupun buruk atau menjatuhkan terlebih terhadap pembuat kebijakan atau instansi terkait. Nah, implikasi ini sebagai akibat dari dampak dikeluarkannya kebijakan kenaikan tarif BPJS tersebut. Masyarakat yang terimplikasi memberikan respon dan kebanyakan respon yang dikemukakan adalah negatif.

Dari pengertian implikasi baik secara umum maupun secara menurut beberapa ahli, perlu digaris bawahi bahwa implikasi tidak akan terjadi tanpa ada campur tangan hal lain atau pihak lain. Implikasi ini juga akan berpengaruh besar jika tidak mendapatkan respon yang memuaskan dari pihak terkait.

Demikian paparan tentang pengertian implikasi, semoga dari pengertian-pengertian yang disajikan beserta macam-macam implikasi dan contoh dari implikasi dapat membuat para pembaca lebih paham tentang implikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *