Daftar Harga Telur Puyuh Murah Seluruh Indonesia

Telur puyuh murah

Harga burung puyuh di Indonesia semakin beragam dengan mulai populernya konsumsi protein hewani dari burung puyuh ini. Selain burung puyuh yang banyak juga dicari sebagai sumber protein adalah telur puyuh.

Bentuk telur ini seperti telur pada umumnya yaitu bulat lonjong, namun berukuran kecil sekitar 4 kali lebih kecil dari telur ayam biasa. Meskipun telur puyuh ukurannya lebih kecil dari telur ayam jawa super atau unggas, kandungan vitaminnya sangat banyak dan berguna bagi tubuh. Untuk informasi mengenai telur ini, akan diulas lebih jelas sebagaimana berikut ini.

Harga Telur Puyuh di Berbagai Kota Besar di Indonesia

Harga Telur Puyuh di Berbagai Kota Besar di Indonesia

Harga telur puyuh ini tentu saja jauh melampaui ekspektasi kita karena bentuknya yang kecil-kecil dan berwarna lurik ternyata cukup murah per kilogramnya jika dibandingkan telur ayam biasa. Anda bisa bayangkan telur ini sebanyak 3-5 buah sama dengan satu butir telur ayam.

Berapa banyak gizi yang terserap ke dalam tubuh Anda beserta manfaatnya dengan mengkonsumsi telur ini sebanyak itu. Perlu digarisbawahi bahwa telur ini sudah banyak menjadi bahan utama olahan makanan di benua Asia, Amerika maupun Eropa.

Puyuh atau Quail lebih umum diterima sebagai konsumsi dengan telurnya. Maka dari itu dengan harga yang sedikit banyak jauh di bawah harga telur ayam, masyarakat lebih suka membeli telur ini sebagai alternatif untuk memenuhi protein dalam tubuh. Untuk mengetahui seberapa kompetitif harga telur ini dan telur ayam di pasaran maka berikut akan disajikan daftar harga telur ini di berbagai kota besar di Indonesia.

1. Harga Rp22800

harga telur puyuh

Kisaran harga ini untuk saat ini banyak terdapat di daerah sekitar luar Jawa, tepatnya Pulau Sumatera yaitu di kota Lampung dan Palembang. Berdasarkan dari urutan harga, harga telur ini di Pulau sekitar Sumatera ini adalah yang paling rendah dibandingkan kota besar lainnya. Hal ini kemungkinan besar memang bisa disebabkan di daerah tersebut adalah penghasil telur puyuh.

2. Harga Rp24000

harga telur puyuh

Kota Jambi menjadi kota selanjutnya, dengan harga telur jenis puyuh lebih mahal dari kedua kota besar di Sumatera sebelumnya. Harga ini merupakan rata-rata harga untuk telur kecil warna lurik di kota besar Pulau Sumatera lainnya.

3. Harga Rp24500

harga telur puyuh

Selanjutnya adalah kota Medan, harga per kilogram telur kecil lurik ini hanya selisih 500 perak dari Jambi.

4. Harga Rp25500

harga telur puyuh

Daftar kota besar di Indonesia dengan harga telur kecil ini Rp25500 banyak terdapat di daerah Pulau Kalimantan. Beberapa kota besar tersebut adalah Balikpapan, Pontianak, Banjarmasin, dan Samarinda. Sedikit berbeda dengan harga pada beberapa Kota di Pulau Sumatera, harga telur ini di beberapa kota besar di Pulau Kalimantan kompak harga sama yaitu Rp25500.

5. Harga Rp26000

harga telur puyuh

Harga eceran tertinggi untuk telur burung puyuh ini adalah Rp26000 dan umumnya sama atau kompak di sekitar kota besar di Pulau Jawa, mulai dari Barat hingga Timur. Kota-kota besar ini adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Malang, Tasikmalaya dan Serang.

Beberapa daerah mungkin bisa jadi lebih murah, contohnya Blitar, dikarenakan merupakan kota penghasil telur burung puyuh. Kota besar lainnya dengan harga serupa di luar Jawa adalah Makassar, Batam, Pekanbaru, Padang dan Denpasar.

Harga di atas tidak selamanya selalu konstan dalam artian dapat berubah dengan cepat sewaktu-waktu. Perubahan harga tersebut bisa dikarenakan jumlah permintaan telur ini meningkat tajam namun barangnya lumayan sulit tersedia.

Hal ini biasanya disebabkan oleh penyebab tertentu baik faktor internal dari burung penghasil telurnya atau faktor eksternal yaitu kondisi alam. Harga telur ini bisa jadi melonjak mahal atau malah lebih murah dari harga telur ayam biasa. Untuk kepastian harga, Anda dapat secara rutin memeriksanya di pasar tradisional, toko maupun supermarket terdekat di sekitar rumah Anda.  

Kandungan Vitamin dan Manfaat Telur Puyuh

Kandungan Vitamin dan Manfaat Telur Puyuh

Telur lurik ini juga kaya akan kandungan vitamin yang berguna sekali untuk tubuh Anda. Seperti kita ketahui bahwa telur bisa menjadi sumber energi selain karbohidrat. Telur burung puyuh ini juga berpengaruh kuat pada otak janin.

Maka dari itu, telur ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu yang sedang hamil untuk mendukung perkembangan otak janin dan kecerdasannya. Selain kandungan-kandungan positif yang menonjol tersebut, telur ini juga memiliki kandungan lain yang biasa terdapat di dalam telur, seperti vitamin A.

Selanjutnya adalah manfaat telur ini yang sangat baik bagi kesehatan selain untuk ibu hamil dan sumber protein hewani adalah menjaga kesehatan mata dan hati Anda. Kesehatan mata ini akan terjaga dengan mengkonsumsi secara rutin telur mungil bermotif ini.

Vitamin di dalam telur ini adalah sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga mata Anda. Untuk hati, telur ini ini dapat menjaga hati dari proses degenerasi jaringan.

Cara Mengkonsumsi Telur Puyuh

Mengkonsumsi burung puyuh beserta telurnya adalah baik untuk tubuh Anda namun jangan berlebihan karena dapat menyebabkan kolesterol dalam darah Anda menjadi meningkat. Beberapa cara yang umum untuk mengkonsumsi telur kecil ini adalah Anda dapat merebusnya saja dengan air sampai telur matang dan langsung memakannya.

Cara lain yang lebih kompleks dan menghasilkan masakan dengan cita rasa menggoda adalah memasak telur ini dengan bumbu khas Indonesia, seperti balado atau bumbu kecap pedas manis.  Kecil bentuknya namun besar manfaatnya dan Anda tidak akan menyesal jika membudidayakan burung puyuh ini karena segudang manfaat bagi manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *