7 Cara Jualan Online Shop Tanpa Modal

Cara Jualan Online Shop Tanpa Modal

Bergerak di bidang usaha pastiĀ  butuh perencanaan. Tanpa perencanaan yang pasti akan kesulitan untuk mengembangkan. Bisa-bisa bisa mengalami gulung tikar atau kebangkrutan. Semua jenis usaha perlu melakukan perencanaan yang matang. Tidak terkecuali online shop.

Online shop begitu digemari kebanyakan orang. Telah banyak cerita orang yang sukses karena melakukan usaha ini. Bahkan berawal dari online shop bisa memiliki perusahaan sendiri dan besar pula. Inilah yang banyak menginspirasi kebanyakan orang.

Cara Jualan Online Shop Tanpa Modal

online shop

Memang banyak keuntungan yang diperoleh ketika online shop. Jelas keuntungan yang tidak ditemukan dalam usaha lain manapun. Adapun keuntungan itu sebagai berikut :

  • Jangkaun luas. Dengan bantuan internet tentu ruang tidaklah menjadi masalah.
  • Pemasaran yang gratis. Melalui berbagai media sosial yang dimiliki.
  • Harga murah karena tidak ada biaya operasional.
  • Menghemat waktu dan biaya karena dilakukan di mana saja.
  • Bisa melakukan diskon dan promo sesuka kita, dan banyak lagi.

Keuntungan itulah bagus untuk Anda sebagai prospek ke depan. Menariknya online shop bisa dilakukan siapapun tanpa batasan usia dan umur. Bahkan ibuk-ibu bisa melakukan di rumah sambil momong sang anak. Begitu juga anak kuliahan sambil belajar dan bekerja. Begitu mudah dan member keuntungan lebih.

Namun sebelum melakukan usaha online shop, baiknya Anda memepertimbangkan beberapa cara berikut. Sehingga, terhindar dari berbagai kemungkinan buruk dan menaikkan profit Anda ke depan. Berikut ulasannya :

Tentukan Produk

produk

Menentukan produk apa yang akan di online shop menjadi hal wajib. Karena menentukan ke mana nantinya berjualan. Termasuk targetĀ  pasar yang nanti bisa dipetakan. Ini menjadi penting karena ke persaingan setiap online shop semakin ketat.

Carilah produk yang memiliki potensi untuk berkembang dan banyak peminat. Dalam ilmu bisnis kita pandai dalam membaca peluang. Selain itu, carilah supplier yang mudah dan terjangkau. Jangan sampai nanti peminat banyak tetapi kendala di produk yang Anda jual.

Membuat Katalog Produk

katalog produk

Cara kedua membuat katalog pada website sebagai online shop. Bisa memanfaatkan media sosial instagram, facebook, dan mungkin membuat blog sendiri. Pembuatan ini bertujuan untuk iklan, baik memasang produk, harga, cara memesan, hingga keunggulan dari produk yang Anda jual.

Gunakan bahasa yang enak dibaca, detail, namun tidak terlalu panjang. Ambil poin yang penting sehingga konsumen mudah untuk mencernanya. Terlebih Anda memiliki keterampilan desain sangat rekomendasi digunakan karena lebih menarik.

Pelayanan yang Memuaskan

pelayanan profesional

Pembeli adalah mitra dagang kita yang menjanjikan. Karena dialah yang bisa menjadikan usaha kita berkembang atau tidak. Cara untuk mewujudkan itu adalah pelayanan yang memuaskan. Jangan sampai membuat pelanggan kecewa atau merasa dicuekin. Pasti tidak akan mau membeli lagi.

Sebagai online shop layanan berupa kecepatan dalam berkomunikasi, interaktif, dan mudah dihubungi. Selain itu jangan segan-segan untuk memberikan apresiasi kepada pembeli yang sudah langganan. Ini menjadi semacam hadiah agar pembeli bisa merekomendasi kepada orang lain.

Testimoni Produk

testimoni

Testimoni atau tanggapan pembeli akan produk Anda menjadi senjata ampuh. Mengapa demikian? Konsumen akan lebih percaya dengan kesaksian yang sudah membeli. Gunakanlah cara ini untuk itu.

Mintalah testimony produk kepada pembeli Anda. Terlebih bagi mereka yang sudah langganan dan menikmati kepuasan produk. Pasti akan memberikan kesaksian yang sesungguhnya. Jangan sesekali menggunakan testimony bayaran. Bila barang tidak sesuai sewaktu-waktu bisa terkena pinalti dari pembeli.

Update Produk

update produk

Konsumen selalu menginginkan hal yang baru dan kepastian dari produk Anda. Gunakan cara dengan terus memperbarui produk secara berkala. Meskipun secara kualitas sama, pembaruan ini memberikan kesegaran pada pembeli. Penasaran dan membelinya.

Update secara rutin kalau perlu atur waktu. Jangan sampai dilakukan setiap jam yang tentu membuat pembeli merasa bosan. Terlebih setiap pembaharuan ada semacam hadiah.

Pilihlah Jasa Pengiriman Terpercaya

jasa pengiriman barang

Banyaknya pelanggan membuat kita harus memutar otak untuk memilih jasa pengiriman yang murah sekaligus terpercaya yang membuat produk anda aman sehingga anda lebih tenang. Banyak jasa pengiriman yang terpercaya, contohnya JNE, JNT dan jasa pengiriman barang lainnya.

Manajemen Keuangan yang Baik

manajemen keuangan

Bisnis online shop tidak seperti perusahaan besar. Sebab Anda sendirilah pelakunya dan yang tahu seluk beluk dari usaha terlebih soal keuangan. Kelolahan keuangan dengan sebaiknya untuk menjamin ketersediaan produk. Hitung selalu pendapatan dan pemasukan setiap bulannya. Ini meminimalisir kerugian yang nanti membesar.

Terlebih dengan manajemen keuangan Anda tidak akan tergantung kepada supplier. Pasti tidak ingin pelanggan banyak. Harus menunggu barang karena kelola uang yang kurang baik.

Evaluasi Kinerja Online shop

evaluasi

Evaluasi sangat perlu dilakukan. Ini menjadi penanda sejauh mana usaha yang Anda lakukan mengalami perkembangan. Lakukan setiap bulan, baik akhir maupun awal budal. Evaluasi ini banyak yang bisa dilakukan. Mulai dari ketersediaan produk, produk semakin diminati atau ketidakpuasan pelanggan, dan supplier yang lancar atau tidak.

Adanya evolusi ini selayaknya perusahaan besar yang bisa meminimalisir kemungkinan terburuk dalam berbisnis. Selain itu, Anda sedang mempraktikkan ilmu pengusaha yang sukses. Penuh perencanaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *